Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Impian dan Memohon Berkah

Melakukan ikhtiar impian dan memohon berkah
impian-dan-memohon-berkah
Gambar : dokumentasi gambar

Mencari Impian yang Bermakna Serta Memohon Berkah

Melakukan ikhtiar impian dan memohon berkah bagi seseorang yang sedang tertimpa kesebalan, misalnya usahanya selalu gagal dan sedang mengarungi penderitaan dan ingin mencari impian yang bermakna (Bahasa Jawa; Nepi = Meditasi) agar dirinya bisa mendapatkan sesuatu usaha baru yang akan lebih berhasil dan mendapat Berkah Allah, maka setengahnya pergi ketempat keramat atau tidur di atas lantai rumah sendiri dengan memakai alas (bantal) baru dan tikar baru.

IDNblogger

Untuk melakukan ini sebaiknya orang tidak berlaku sembarangan, terutama kesehatan harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Dalam hal ini menurut Kanjeng Sunan Kalijaga, jika memungkinkan orang melakukan Nepi pada hari Rabu Pon malam sampai dengan hari  Sabtu Legi malam, yaitu empat malam yang kekuatannya sama dengan 80 malam. Dan tiga kali empat malam tersebut kekuatannya sama dengan satu tahun.

Selainnya hari Rabu Pon sampai dengan Sabtu Legi, orang boleh menjalaninya pada hari Jum'at Pahing, Sabtu Pon dan Senin Wage malam, kekuatannya sama dengan 40 hari . Demikian pula Sabtu Kliwon, Minggu Legi dan Senin Pahing, tiga malam atau Selasa Kliwon, Rabu Legi dan Kamis Pahing, tiga malam juga dengan kekuatannya sama dengan 40 hari.

Mengenai cara tidur tidak diperbolehkan dengan sembarangan tetapi harus mengikuti Neptunya hari dan Pasaran :

Jumlah Neptu dan Pasaran

1. 7, 11, 15
2. 8, 12, 16
3. 9, 13, 17
4. 10, 14, 18

Tidurnya Mujur

  • Kebarat
  • Keutara
  • Ketimur
  • Keselatan

Pada waktu orang Nepi itu harus berpikiran bersih dan hanya memikirkan apa yang dimintanya kepada Allah, bahkan apabila melakukannya sebelum orang berangkat tidur terlebih dahulu mengheningkan cipta, memohon permintaan kepada Allah agar dikabulkan serta  mendapatkan ridho-Nya.

AmbaUpriyo
AmbaUpriyo Seorang yang biasa memiliki kesederhanaan

6 comments for "Impian dan Memohon Berkah"