Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lambang dan Wataknya Tahun

Di dalam Almanak Jawa terdapat apa yang disebutnya Lambang dan Wataknya Tahun
lambang-dan-wataknya-tahun
Gambar : Bergembira di laman sekolah

Almanak

Di dalam Almanak Jawa terdapat apa yang disebutnya Lambang dan Wataknya Tahun, misalnya; Kerbau, Kelabang, Udang, Katak, Kambing, Mimi dan Cacing. Maka dalam Almanak Tionghoa terdapat apa yang disebut 'Shio', misalnya: Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Kera (Monyet), Ayam, Anjing dan Babi.

Kalau dalam lambang Tahun dari penanggalan Jawa terdapat dua Udang, adalah disebabkan karena perhitungan Lambang tadi mengambil pokok berdasarkan hari pada tanggal 1 bulan Sura dari tahun yang dimaksudkan. Jika tanggal pada tahun itu tanggal 1 bulan Sura pada hari Rabu, maka tahun itu berlambang tahun Budowiseso atau Kerbau; tanggal 1 Sura pada hari Minggu, maka tahun itu berlambang tahun Ditekelobo atau Kelabang dan jika 1 Sura pada hari Jum'at, maka tahun itu berlambang tahun Sukromangkoro atau Udang.

Sedangkan menurut 'Huruf' Arba'iah, dalam satu Windu terdapat dua tahun yang bertanggal 1 Sura pada hari Jum'at, yaitu dalam tahun Jemawal dan Jemakir. Adapun pembagian lambang tahun, sebutan dan watak masing-masing bisa di lihat melalui album Google Photo

AmbaUpriyo
AmbaUpriyo Seorang yang biasa memiliki kesederhanaan

2 comments for "Lambang dan Wataknya Tahun"

  1. Mantep ni ☺ bahasan Lambang dan Wataknya Tahun

    ReplyDelete
  2. Bagi orang Jawa memang mengenal watak dalam hitung setiap tahun kalender Jawa

    ReplyDelete